How was your solo travel experience?

Solo-travel_girl_map.jpg

Dulu tiap naik kereta entah dari Malang ke Bandung atau dari Bandung ke Malang, rasanya pengen banget turun dulu di Jogja. Iyaa, kalo udah sampai Jogja, itu artinya setengah perjalanan sudah kita lewati. Kalo naik KA Malabar berangkat jam 4 sore, kita akan sampai Jogja jam 12 malam. Lampu Stasiun Tugu lagi berkelip kelip seakan akan memanggil. Enak kali yaa, kalo bisa turun dulu, ngopi di angkringan sekitaran stasiun terus baru balik lagi ke kereta (sakkarepe dewe kamu Nit, mbok pikir sepure mbah mu a?)

Alhamdulilah, udah kerja, udah punya duit, lagi punya waktu pula, maka nikmat Allah mana lagi nak yang kamu dustakan? Kebetulan punya waktu cuti beberapa hari, bisalah dihabiskan sebelum peak season liburan akhir tahun dimulai

Booking keretalah saya dari Jakarta ke Bandung naik KA Argo Parahyangan. Lalu, dari Bandung ke Yogya naik KA Malabar. Yogya ke Solo naik KA Prameks. Solo ke Malang naik KA Malioboro.

Mungkin kalian ada yang bertanya tanya, 

Sendirian aja? Iyaa soalnya temen-temen belum pada bisa cuti, jalan-jalan sendiri kenapa tidak.

Kenapa naik kereta? karena kalo naik kereta, kita bisa lihat pemandangan yang beda-beda. Dari suasana perkotaan, kemacetan jalan di kota, gedung gedung tinggi, jemuran pakaian, hingga sawah, gunung, kuburan, dan juga ibu ibu ngerumpi, adik adik pergi ke sekolah, sampai bapak bapak lagi bersawah.  Sungguh pemandangan yang ga akan bisa dilihat kalo lagi naik pesawat.

23937de7-fb6d-4b5a-93f6-e1d37bb1f0ab

Perjalanan dari Jakarta ke Bandung

Perjalanan Jakarta Bandung dengan KA Argo Parahyangan ditempuh kurnag lebih 3 jam. Berangkat dari Stasiun Gambir jam 5 pagi, sengaja pilih duduk disamping jendela, pasang headset, menatap pemandangan, lalu dengerin lagunya Adhitya Sofyan – Naik Kereta Saja, that was the most grateful moments that I have.  Ditambah rintik-rintik hujan membasahi jendela. Ah sungguh romantis.

Perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta

1c7e0ecc-e37b-436b-908b-392dd7968b30.jpg

Kenapa ke Bandung dulu, ga sekalian dari Jakarta? Karena aku pengennya lewat jalur KA Malabar, ngelewatin Nagreg, Ciepeundeui, Tasikmalaya. Ingin nostalgia naik kereta waktu jaman masih kuliah bareng temen-temen dari Malang.

Dulu lewat Cipeundeui digedok-gedok dedek dedek pengamen minta duit di kaca, sekarang kereta udah AC, jendelane wis ndak iso dibukak Nit, jadi udah ndak ada dedek2 minta minta

Dulu di Tasikmalaya, di tawarin rokok karokok, kopi karopi, sekarang pedagang asongan yaa sudah ndak boleh masuk kereta

Perjalanan ditempuh kurang lebih 8 jam, dari Bandung jam 4 sore dan sampai Jogja sekitar jam setengah 1 malam. Jogja saat itu juga baru saja reda dari hujan. Inginnya ngopi dulu di angkringan, tapi apa daya tubuh ini tidak sabar untuk memeluk tempat tidur. Jadi saya putuskan untuk langsung order ojek online menuju hotel dikawasan Prawirotaman.

56598338-1326-488f-a205-6a61c4b03d69

Perjalanan dari Yogyakarta ke Solo

Kalo di Malang Surabaya, ada kereta daerah yaitu KA Penataran, atau kalo di Bandung punya kereta daerah dengan tujuan Cicalengka, Majalaya, dan seterusnya. Jogja Solo juga punya Kereta Prameks, harganya cuman Rp 8,000 , perjalanan ditempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Perjalanan dari Solo ke Malang

Sebenarnya Malang Jogja itu ada KA Express Malioboro, kereta ini terdiri atas kelas eksekutif dan Ekonomi AC plus. Sebenarnya bisa juga saya naik kereta langsung dari Jogja ke Malang, tapi karena saya ingin mampir dulu ke Solo, jadi saya berangkatnya dari Solo. Perjalanan ditempuh sekitar 7 jam.

Total Biaya Perjalanan

Jadi kalo ditotal tiket Jakarta – Bandung – Solo Malang berapa Nit?

  • KA Argo Parahyangan – Jakarta-Bandung – Rp 90.000
  • KA Malabar – Bandung-Yogyakarta – Rp 230,000
  • KA Prameks Yogyakarta-Malang – Rp 8,000
  • KA Express Malioboro – Solo-Malang – Rp 200,000

Total biaya perjalanan, Rp 580,000 , yaa ga jauh beda sama naik pesawat Jakarta-Malang, bedanya ini banyak mampir mampirnya. Hehehehe

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s